Home » , » Koordinasi Tubuh Renang Gaya Dada

Koordinasi Tubuh Renang Gaya Dada

Renang Gaya Dada
Pada renang gaya dada (breaststroke) terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama kemampuan mengatur koordinasi tubuh saat di permukaan air.
Pengaturan posisi dan koordinasi tubuh dalam gaya dada saat berada di permukaan air adalah sebagai berikut


1.  Koordinasi Gerakan Tungkai
Gerakan tungkai dalam gaya dada adalah sebagai berikut. 
  • Saat tubuh sejajar dengan permukaan air, kedua tungkai cukup lebar.
  • Tariklah kedua tungkai bagian bawah ke atas secara maksimal. Pada akhir tarikan, arahkan telapak kaki dengan memutar pergelangan kaki sehingga telapak kaki mengarah pada sikap mendorong.
  • Doronglah air dengan kedua tungkai secara serentak, sehingga tungkai membentuk setengah lingkaran dengan diakhiri oleh suatu lecutan pergelangan kaki. Kedua kaki berada dalam satu garis yang lurus di belakang tubuh


Gambar: Gerakan tungkai pada renang gaya dada

2.  Koordinasi Gerakan Lengan 
Cara melakukan koordinasi gerakan lengan adalah kedua lengan lurus ke depan, kemudian membuka ke samping, dengan kedua lengan lebih lebar dari bahu. Akhir dari sikap membuka, mengambil sikap untuk melakukan tarikan (pull) dengan siku tinggi dan tetap di bawah permukaan air. Saat kedua lengan saling bertemu, lanjutkan dengan mengapit kedua siku pada satu bidang datar. 
Gambar: Gerakan lengan pada renang gaya dada

3.  Latihan Koordinasi Renang Gaya Dada
Sebagai latihan untuk dapat meningkatkan kemampuan koordinasi renang gaya dada, sebaiknya lakukan beberapa bentuk latihan sebagai berikut.
  • Latihan koordinasi gerakan renang secara perlahan pada jarak 20–30 meter secara berulang. Latihan ini bertujuan untuk melatih keluwesan dan keharmonisan gerakan.
  • Latihan dengan meningkatkan kecepatan dan jarak yang diperpanjang misalnya pada jarak 50–70 meter.
  • Latihan renang dengan sistem interval, misalnya dengan cara 6 × 25 meter dengan interval 1 menit.
  • Latihan renang dengan dimulai dari balok start secara berulang-ulang sampai terlihat kemajuan yang berarti baik secara teknik maupun waktu tempuhnya menjadi lebih baik.


0 komentar:

Posting Komentar