Home » , » Contoh Sikap Positif terhadap Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Indonesia dalam Kehidupan Sehari hari

Contoh Sikap Positif terhadap Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Indonesia dalam Kehidupan Sehari hari

Sikap Positif terhadap Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Indonesia

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa pelaksanaan kedaulatan adalah lembaga-lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UUD 1945. Untuk mendukung terlaksananya kedaulatan rakyat secara benar, perlu adanya dukungan dari masyarakat. Dukungan inilah yang merupakan bentuk sikap positif terhadap pelaksanaan kedaulatan rakyat.


Tahukah kamu bahwa sejarah telah memperlihatkan bahwa pelaksanaan sistem pemerintahan yang pernah diterapkan di Indonesia telah berganti-ganti dengan berbagai sistem yang berbeda-beda? Namun, dalam era keterbukaan yang sejalan dengan dibukanya keran demokrasi pascareformasi, Indonesia telah menyatakan untuk senantiasa berpegang teguh pada prinsip-prinsip demokrasi.

Dalam demokrasi, semua warga negara ikut memerintah, dengan hak dan kewajiban warga negara yang sama dengan hak asasi manusia yang sama pula. Untuk menjamin berlangsungnya proses pemerintahan oleh semua warga negara, konstitusi harus membatasi kekuasaan suatu lembaga negara, dan menjamin pemenuhan hak asasi manusia. Setiap orang mempunyai hak asasi manusia yang melekat pada dirinya serta setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama di depan hukum dan pemerintahan. Pemenang pemilu memiliki hak memerintah, yang kalah pemilu mengawasi jalannya pemerintahan. Semua permasalahan diselesaikan secara damai, melalui berbagai cara seperti debat publik, diskusi, kompromi, dan voting.

Namun, kata akhir tetap berada pada rakyat dengan mekanisme pemilu, referendum, atau cara-cara lain, seperti unjuk rasa. Rakyat harus terus-menerus mengingatkan pejabat negara bahwa keberadaan mereka adalah atas dukungan dan biaya dari rakyat. Oleh karena itu, mereka harus selalu mendengar, memerhatikan, dan memperjuangkan kepentingan rakyat dengan menunjukkan sikap positif.

Adapun sikap positif yang harus ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.
  • Menghindari sikap angkuh, mau menang sendiri, mementingkan diri dan kelompok, adu kekuatan, keras kepala, ekstrem, dan meremehkan orang lain/kelompok. Contohnya, siapa pun yang terpilih sebagai ketua kelas, harus kamu terima dengan lapang dada karena keputusan tersebut adalah hasil dari musyawarah kelas.
  • Membina dan membiasakan sikap perilaku demokratis, ke  keluargaan, musyawarah, saling mengalah, toleransi, dan tenggang rasa. Contohnya, membiasakan diri untuk selalu membantu sesama.

Penegakan hukum dalam demokrasi merupakan sikap positif pemerintah untuk menjalankan sistem pemerintahan.

  • Menggunakan hak pilih dan dipilih dalam pelaksanaan Pemilu. Contohnya, ikut terlibat langsung dalam pelaksanaan Pemilu.
  • Menjunjung dan menghormati hukum dan pemerintahan Republik Indonesia. Contohnya patuh terhadap kebijakan pemerintah yang tidak bertentangan dengan kepentingan rakyat.e. Menumbuhkan semangat nasionalisme, patriotisme, bela negara, dan menghormati kebebasan beragama. Contohnya, ikut terlibat dalam kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat patriotisme, seperti upacara bendera dan pramuka.

Sikap tersebut hendaknya dapat  dipraktikkan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Keluarga merupakan unit sosial terkecil, tetapi memiliki berbagai masalah. Misalnya, dalam hal kelahiran anak, perkawinan, kematian, dan pembagian warisan. Oleh karena itu, untuk meng atasi masalah tersebut, jalur yang ditempuh adalah musyawarah dengan meli batkan seluruh anggota sehingga keputusan yang diambil merupakan hasil bersama.

2 komentar:

  1. Yes. Jika sikap positif yang kita tunjukkan sehari-hari.
    Niscaya Indonesia akan menjadi lebih baik.
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Saat rakyat bisa bersikap positif maka ada damai dimana-mana sehingga pembangunan yang dilakukan pemerintah bisa maksimal.
    Terimakasih

    BalasHapus