Home » , » Urutan Gaya Renang Estafet

Urutan Gaya Renang Estafet

Pengertian Renang estafet atau medley event adalah salah satu nomor perlombaan renang gaya ganti yang dilakukan secara estafet oleh sebuah tim yang terdiri atas empat orang perenang untuk memenangkan sebuah perlombaan dengan jarak yang telah ditentukan. Taktik yang harus dilakukan dalam perlombaan renang estafet adalah dengan menempatkan perenang pada spesialisasinya, kerja sama yang baik pada saat pergantian perenang, dan lakukan latihan bersama terutama pada saat menjelang pergantian dan finish.


Nicolas Wynman, Profesor bahasa berkebangsaan Jer-man menulis buku renang pertama kali dengan judul “Colymbetes” pada tahun 1538.

1.  Gaya-Gaya Renang Estafet
Gaya yang dipergunakan pada saat gaya ganti estafet 4×100 m baik putra maupun putri adalah sebagai berikut.
a.  Gaya kupu-kupu
b.  Gaya punggung
c.  Gaya dada
d.  Gaya bebas

Adapun untuk gaya ganti estafet 4 × 400 m putra antara lain sebagai berikut.
a.  Gaya punggung
b.  Gaya dada
c.  Gaya kupu-kupu
d.  Gaya bebas

Urutan gaya ganti estafet sebagai berikut.
a.  Perenang pertama melakukan gaya punggung.
b.  Perenang kedua melakukan gaya dada.
c.  Perenang ketiga melakukan gaya kupu-kupu.
d.  Perenang keempat melakukan gaya bebas.

Gaya Renang Estafet
Berbagai gaya renang pada gaya ganti estafet



2.  Perlombaan Renang Estafet
a.  Ketentuan Start
Berdasarkan ketentuan FINA bahwa aba-aba start hanya dilakukan satu kali. Jika perenang melakukan kesalahan sebelum aba-aba  start  dibunyikan maka perenang tidak diperkenankan ikut serta start kembali. Jika pada saat aba-aba start  dibunyikan ada yang mendahuluinya, maka perenang yang mencuri  start didiskualifikasi, lomba renang tetap berjalan sampai dengan selesai nomor tersebut. Start yang digunakan renang gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu, berbeda dengan start renang gaya punggung. 

Start dalam gaya bebas, gaya dada dan gaya kupu-kupu dimulai dengan cara meloncat (terjun) dari atas tempat start.
  1. Pada aba-aba peluit panjang, para peserta melangkah naik di bagian belakang balok start dan tetap diam.
  2. Pada aba-aba “awas” perenang segera mengambil sikap start di bagian depan tempat start dengan sikap sedikit membungkuk semua peserta tidak boleh bergerak. 
  3. Jika semua perenang sudah tidak bergerak, isyarat “ya” atau peluit dibunyikan.


Khusus dalam gaya punggung dan gaya ganti estafet start dilakukan dari dalam kolam.
  1. Pada bunyi peluit panjang, para perenang segera turun ke kolam dan mengambil sikap  start dengan berpegangan pada tempat start.
  2. Jika seluruh peserta sudah diam tidak bergerak aba-aba “awas” dan “ya” atau peluit segera dibunyikan tanda start di mulai.
  3. Ketentuan  start  salah yang diakibatkan oleh kesalahan petugas, maka kesalahan perenang dapat dihapus.


b.  Ketentuan Gaya Bebas
Gaya bebas berarti bahwa dalam satu nomor perlombaan, peserta boleh melakukan renang dengan gaya apa saja, kecuali dalam nomor gaya ganti perorangan atau gaya ganti estafet, maka gaya bebas di sini adalah gaya selain gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu-kupu. Pada renang gaya bebas pada waktu pembalikan dan finish perenang dapat menyentuh dinding dengan tangan bukan suatu ketentuan
Gaya Renang Estafet
Renang gaya bebas


c.  Ketentuan Gaya Punggung
  1. Pada waktu start para peserta berbaris di dinding kolam berpegangan pada tempat start yang ditentukan.
  2. Kedua telapak berada di bawah permukaan air.
  3. Perenang tidak diperkenankan menggerakkan anggota badan sebelum isyarat start diberikan.
  4. Saat start atau pembalikan posisi tubuh harus dalam posisi telentang dan harus tetap telentang selama melakukan renang.
  5. Berenang gaya punggung di bawah permukaan air tidak diperkenankan. Kecuali maksimal 10 meter setelah start pembalikan.

Gaya Renang Estafet
Renang Gaya Punggung


d.  Ketentuan Gaya Dada
  1. Mulai dari ayunan tangan pertama sesudah  start atau pembalikan posisi badan harus tetap tertelungkup dan kedua tangan segaris dengan permukaan air.
  2. Gerakan kedua tangan harus serempak dan dalam bidang horizontal tanpa gerakan bergantian.
  3. Kedua tangan harus didorongkan ke depan bersamaan dari dada dan harus ditarik ke belakang di bawah permukaan air. Kecuali saat start atau pembalikan.
  4. Gerakan kaki dengan tendangan seperti lumba-lumba tidak diperkenakan.
  5. Pada waktu pembalikan atau finish harus dilakukan dengan kedua tangan secara bersamaan, baik di atas atau di bawah permukaan air. Kedua bahu harus tetap dalam posisi horizontal.

Gaya Renang Estafet
Renang Gaya Dada



e.  Ketentuan Gaya Kupu-Kupu
  1. Kedua tangan diayun ke depan secara bersama-sama di atas permukaan air dan ditarik ke belakang secara serempak.
  2. Badan tetap dalam posisi telungkup dan bahu sejajar dengan permukaan air, mulai dari ayunan pertama sesudah start atau pembalikan.

Gaya Renang Estafet
Gaya Kupu kupu


2 komentar:

  1. juara banget nih artikelnya, makalah keponakan saya ga bakal ke tolak kalo ngambil refereni dari sini

    BalasHapus
  2. Guru Renang Belajar Kursus Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta 081286606678, 081286608678 GURU RENANG JAKARTA

    Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

    Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com
    Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

    - Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
    - Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
    - Pembayaran dibayar dimuka.
    - Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
    - Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
    - Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
    - Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
    - Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
    - Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
    - Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

    Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang.

    WWW.GURURENANG.COM siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
    Team Guru Renang di www.gururenang.com siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara. PELATIH RENANG JAKARTA

    BalasHapus