Home » , » Sejarah Senam Aerobik dann Pengertian Aquarobics

Sejarah Senam Aerobik dann Pengertian Aquarobics

Aerobik mempunyai pengertian yang luas daripada gambaran sehari-hari. Sejarah Senam Aerobik Pelopor senam aerobik adalah Dr. Kenneth Cooper pada 1960, yang merupakan konsep latihan baru. Dr. Kenneth menegaskan bahwa latihan dengan ritme musik dan gerakan yang teratur, membuat tubuh dapat mengembangkan atau memompa oksigen dan meningkatkan denyut nadi dan jantung. Dalam sistem aerobik tubuh akan menggunakan oksigen sebagai sasarannya.


Pengertian Aerobik menurut kamus adalah “hidup dalam udara” atau “memanfaatkan oksigen”. Aerobik adalah kegiatan, gerak badan atau olahraga, yang menuntut lebih banyak oksigen untuk memperpanjang waktu dan memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya, sehingga bertanggungjawab untuk transportasi lebih banyak oksigen. Dengan kata lain, latihan ini dilakukan dalam keadaan yang tenang.

Dalam senam aerobik dibutuhkan kelentukan dan kontinuitas gerakan yang sesuai dengan musik. Gerakan-gerakan senam aerobik pada awalnya lebih menekankan gerakan high impact yang ekslusif. High impact aerobic adalah senam aerobik yang dilakukan dengan cara hentakan keras. Misalnya,  jogging, berlari, meloncat, atau gerakan-gerakan yang relatif lebih kuat dan keras serta dilakukan secara cepat. 

Aerobik berasal dari kata “aero” yang berarti oksigen. Berarti latihan aerobik adalah latihan yang menggunakan sistem kerja dengan menggunakan oksigen sebagai kerja utama.

Senam aerobik adalah suatu sistematika gabungan antara rangkaian gerak dan musik yang sengaja dibuat sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik tersebut untuk mencapai tujuan tertentu.

Gerakan aerobik di alam terbuka
Gerakan aerobik di alam terbuka

Bentuk senam aerobik yang kita kenal dewasa ini seperti Pengertian aquarobics adalah kegiatan olahraga aerobik yang telah dimodifikasi sehingga mudah diikuti oleh anggota keluarga. Gerakan-gerakannya sendiri disusun dengan konsep modern, simpel, apik, dan didukung musik yang dinamis. Berdasarkan prinsip menstabilkan batang tubuh pada konsep  aquarobics, maka gerakan dalam aerobik akan membantu kita memiliki postur tubuh yang lebih baik dan seimbang sehingga gerakan kita pun akan menjadi lebih efisien dan kuat. Pada akhirnya akan mengurangi kemungkinan terjadi cedera dalam melakukan kegiatan sehari-hari. 
senam aquarobics
Senam aquarobics




0 komentar:

Posting Komentar