Home » , » Pengertian Lompat Jongkok (Squat Vault) dan Tahapnya

Pengertian Lompat Jongkok (Squat Vault) dan Tahapnya

Untuk dapat meningkatkan keterampilan senam ketangkasan, lakukan latihan lanjutan dengan mengutamakan keselamatan dan kerja sama. Apakah Anda masih ingat yang dimaksud dengan lompat jongkok? Pengertian Gerakan lompat jongkok (squat vault) adalah gerakan melompat melewati rintangan, yang dalam hal ini adalah peti lompat. Pada waktu badan sedang melayang di atas peti lompat kedua tangan direntangkan dan kedua tungkai ditekuk, serta kedua lutut ditarik ke dada. Berikut akan dibahas kembali mengenai keterampilan teknik lompat jongkok. 


1.  Tahap Awalan
Ambil ancang-ancang sebagai awalan kemudian berlari dengan ujung kaki, kepala tegak menghadap ke depan. Ayunan lengan ke depan dan disesuaikan dengan irama langkah kaki. Kecepatan lari semakin meningkat sampai menjelang tolakan. Kecepatan lari jangan berubah.

2.  Tahap Tolakan
Satu langkah terakhir sebelum tiba pada papan tolak, lakukanlah tolakan dengan satu kaki. Kemudian, rapatkan kedua kaki dengan cepat dan tolakkan kedua kaki tersebut dengan kuat secara bersamaan. Kemudian, bersiaplah untuk melakukan layangan pertama. 

3.  Tahap Layangan Pertama
Melayang awal berlangsung pada saat badan meninggalkan papan tolak sampai tangan menyentuh di peti lompat. Pada saat meninggalkan papan tolak, lengan diluruskan, badan dan kaki, dijulurkan ke  arah peti lompat. Pada saat tangan menyentuh peti lompat, lengan, badan, dan kaki dalam posisi lurus sampai ke ujung kedua kaki.

4.  Tahap Layangan Kedua
Layangan akhir dilakukan saat tangan lepas dari peti lompat sampai saat mendarat. Setelah kedua telapak tangan lepas dari peti lompat secepatnya kedua lutut ditekukkan dan sedekat mungkin dengan dada, disertai gerakan kedua tangan merangkul kedua kaki sehingga dalam sikap jongkok dan melayang di udara. 

5.  Tahap Pendaratan
Pendaratan terjadi pada saat kaki menyentuh matras. Mendaratlah pada tempat yang sejauh mungkin dari peti lompat. Perhatikan pula saat mendarat gunakan dengan posisi kaki terbuka dan lentur, yaitu dengan cara menekuk kedua lutut dan pinggul. 

Lompat Jongkok
Pendaratan

0 komentar:

Posting Komentar