Home » , » Pengertian Pencak Silat Artikel Prinsip Bela diri

Pengertian Pencak Silat Artikel Prinsip Bela diri

Pengertian Pencak silat merupakan keterampilan dan ilmu mengenai pola gerak bertenaga yang efektif, indah, dan menyehatkan tubuh. Selain itu, setiap gerakan dijiwai budi pekerti luhur berdasarkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan tujuan utama membentuk ketahanan diri dan memupuk rasa tanggung jawab sosial. Dengan kata lain, pencak silat merupakan ilmu beladiri self defence atau martial art. 


Untuk dapat melakukan pembelaan diri dari serangan lawan, Anda harus menguasai beberapa taktik dan strategi saat menghadapi lawan. Lalu, bagaimanakah strategi dan taktik, ataupun teknik dalam bela diri pencak silat? Perhatikan pelajaran yang terdapat dalam subbab ini.

1.  Prinsip Pencak Silat
Pencak silat merupakan warisan budaya nenek moyang. Keberadaannya saat ini harus dilestarikan. Oleh karena itu, dalam beladiri pencak silat pun terkandung seni budaya para leluhur. Hal yang berkaitan dengan seni, antara lain unsur adat, tradisi,  hingga filsafat. Hal  itu menjadi penyebab  perbedaan gerakan silat antara suatu daerah dengan daerah lainnya di tanah air ini. Demikian pula dengan jenis musik yang mengiringi gerakan­gerakan silat yang seperti tarian lemah gemulai tersebut.

Selain itu, dalam pencak silat juga terkandung aspek olahraga. Sebagai salah satu cabang olahraga, pencak silat melangkah menjadi suatu jenis ‘gerak­badan’, senam atau jurus yang dapat dipertandingkan. Sebagai bela diri, pencak silat memang tumbuh berawal dari naluri manusia untuk melakukan pembelaan  terhadap  serangan  fisik  yang  menghampirinya. Seseorang yang menguasai pencak silat (pendekar) diharapkan mampu melindungi diri dari setiap serangan, atau bahkan bisa mendahului menyerang untuk menghindari ‘kerusakan’ yang lebih besar. Namun, segala upaya tersebut harus sejalan dengan prinsip­prinsip dan kode etik pencak silat. Berikut prinsip­prinsip dan kode etik pencak silat.

a.  Prinsip-Prinsip Bela Diri Pencak Silat
  1. Seorang pesilat tidak berbuat hal­hal yang dapat mencela diri sendiri.
  2. Tidak memancing keributan.
  3. Pembelaan diri merupakan prinsip utama dalam pencak silat.
  4. Tidak mencari musuh
  5. Tidak pernah mundur apabila ada tantangan.

Pengertian Pencaksilat Artikel

Gambar: Pembelaan diri merupakan prinsip utama pencak silat
b.  Kode Etik Seorang Pesilat
  1. Tidak boleh menyerang terlebih dahulu, bahkan harus menghindari perselisihan.
  2. Harus menggunakan kepandaian silat untuk menolong semua orang.
  3. Tidak boleh menonjolkan diri atau sombong, apalagi berlaku sewenang­wenang.

0 komentar:

Posting Komentar