Home » , » Teknik Dasar Start dan Pembalikan Dalam Renang

Teknik Dasar Start dan Pembalikan Dalam Renang

Teknik Start dan Pembalikan - Pada dasarnya, untuk melakukan perlombaan renang gaya dada, Anda terlebih dahulu harus telah menguasai teknik start dengan baik. Hal ini karena start gaya dada dilakukan di atas tempat start yang telah tersedia pada kolam renang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui dan memahami cara melakukan start  tersebut dengan baik. Teknik melakukannya sebagai berikut.


1.  Start di Atas Balok Start
  • Pada aba-aba “bersedia”, perenang sudah berdiri di atas balok start.
  • Setelah aba-aba “siap”, lakukan tarik napas yang dalam kemudian melangkah ke tepi kolam. Posisi ujung jari tungkai menjepit sisi kolam, jarak kedua tungkai kira-kira satu jengkal.
  • Bungkukkan dada dan lutut sedikit ditekuk, kemudian kedua tangan menjepit sisi kolam dan pandangan di arahkan ke jari-jari kaki. Ketika ada aba-aba tiupan peluit atau bunyi pistol, kedua tungkai menolak kuat dan secepat mungkin dari dinding balok  start  serta kedua tangan berada di sebelah kanan dan kiri tungkai dan badan dicondongkan ke permukaan air.
  • Bersamaan saat tungkai menolak, kedua tangan diayunkan ke depan dan lurus ke samping telinga. Kedua tangan diayunkan ke depan dan lurus ke samping telinga dan kedua tungkai diluruskan ke belakang serta pandangan ke depan.
  • Upayakan kepala agak menunduk sedikit dengan kedua tangan tetap lurus untuk persiapan meluncur di permukaan air.
  • Kedua ujung jari masuk ke permukaan air diikuti oleh kepala, badan, tungkai dan terakhir ujung jari kaki.
  • Setelah posisi tubuh di permukaan air, lanjutkan dengan melakukan gerakan tungkai renang gaya dada kemudian melakukan gerakan lengan, selanjutnya melakukan koor-dinasi renang gaya dada.

Teknik Dasar Start renang
Gerakan start 

2.  Pembalikan Dalam Renang
Teknik pembalikan badan saat melakukan perlombaan renang merupakan hal yang harus dikuasai sebab pembalikan yang baik akan menambah keberhasilan dalam renang. Pada dasarnya, teknik pembalikan dapat dikelompokkan menjadi dua cara, yaitu pembalikan biasa atau hanya membalikkan tubuh serta kedua tungkai langsung melakukan tolakan ke dinding kolam dan pembalikan dengan salto atau memutar tubuh di dalam air.

3.  Peraturan Renang
Di dalam perlombaan renang terdapat para pengatur yang mempunyai tugas tertentu. Seorang starter bertugas memulai pertandingan. Dua orang juri mengamati gaya dan kedatangan (finish) perenang. 

0 komentar:

Posting Komentar